media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Penggugat Menilai Tanggapan Tergugat “Salah Alamat”

KOPPINEWS.ID,Tangerang_ Bonifansius Sulimas, SH. M.H menilai tanggapan tergugat (PT Sinar Mas Land, BSD dan PT Bank Permata ) terhadap materi gugatan yang dilayangkan pihak konsumen (Frans X. Agus Handoko) itu ternyata ‘salah alamat’. Karena dalam materi tanggapan tergugat pihaknya menyinggung tentang perjanjian pembayaran (one prestasi), pada hal mengenai perjanjian pembayaran itu mestinya oleh pihak Bank Permata.

“Kami menilai tanggapan pihak tergugat itu suatu yang aneh, bahkan salah alamat karena tidak sesuai dengan focus materi gugatan kami,’’ katanya, Senen ( 08/02/21) kepada koppinews.id.

Bonifansius Sulimas mengatakan hal itu selesai mengikuti sidang lanjutan, Kamis ( 4 Februari 2021) di Pengadilan Negeri Tangerang. Kasus gugatan seorang konsumen (FAH) kepada dua perusahaan besar itu karena melakukan Buy Back Guarante (BBG) ke PT Sinar mas Land, BSD. Konsumen menilai proses dilakukan BBG itu menyalahi aturan karena tidak melibatkan konsumen sebagai nasabah. Maka konsumen menilai perbuatan kedua perusahaan besar itu diduga perbuatan melawan hukum (PMH).

Menurut Bonifansius tanggapan atas gugatan itu ‘salah alamat’ bahkan ia mengatakan maaf ngawur. Mestinya pihak PT Sinar Mas Land, BSD tidak mengatakan hal itu kecuali kami mempunyai ikatan hukum dengan PT Sinar Mas Land, selain itu kalau menyinggung soal perjanjian pembayaran di luar pokok gugatan konsumen, karena kami berfokus pada PMH.
Seperti yang diketahui, sebelum dilakukan perjanjian jual beli, pasti ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi, misalnya ada surat-surat yang ditandatangani tapi klien kami tidak melakukan penandatanganan surat-surat. Makanya kami tidak ikut dalam perjanjian hukum apapun dengan PT Sinar Mas Land, BSD dalam hal ini.

Baca juga  Dampak Covid-19, 77 WNI di Malaysia Dipulangkan ke Indonesia

‘’Kami juga mempertanyakan PT Sinar Mas Land melakukan penagihan ke konsumen (FAH) waktu itu. Jumlah tagihan yang disampaikan kepada klien kami itu berdasarkan perhitungan bunga harian , bulanan, atau berdasarkan bunga apa, ‘’ tanya Bonifansius.

Jawaban PT Sinar Mas Land terhadap gugatan klien, kami mendapat penjelasan bahwa ternyata pihak bank Permata sudah melakukan perjanjian beberapa tahun sebelumnya bahwa PT Sinar Mas Land, BSD akan menjadi jaminan. Artinya setiap ada konsumen yang mengalami kemacetan pembayaran ke PT bank Permata maka pihak PT Sinar Mas Land akan melakukan pembayaran seluruh utang yang menjadi tunggakan konsumen.

“Praktik ini jelas-jelas sangat merugikan konsumen yang menggunakan jasa KPR di bank tersebut,’’ katanya.

Baca juga  Presiden Jokowi Akhirnya Tunjuk Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri Baru

Kasus yang menimpa konsumen yang melakukan pembelian tanah ( atau rumah) di kawasan seperti BSD ditengarai selalu dihadapkan berbagai persoalan. Salah satunya FAH, konsumen yang membeli kavling tanah milik PT BSD dengan menggunakan fasilitas KPR.
Ia telah mengangsur selama tiga tahun lancar-lancar namun pada awal tahun 2020, ia mengalamai keterlambatan pembayaran karena dampak Pandemi Covid 19. Ia meminta keringanan tapi pihak bank tidak memenuhi permintaan . Ia dijanjikan mendapat keringanan tapi ternyata menurut konsumen diingari pihak bank .. Setelah ia membayar bunga dan denda keterlambatan selama tiga bulan ternyata PT Bank Permata melakukan BBG ke PT Sinar Mas Land, BSD.
Gerald, SH selaku penasihat hukum PT Sinar Mas Land, BSD yang menerima salinan replik pada sidang Kamis ( 4 Februari 2021) lalu tidak mengatakan banyak hal. Sejumlah media yang meminta komentar di luar sidang PN Tangerang, ia hanya mengatakan akan menyampaikan tanggapannya minggu depan. “Kami akan menanggapi replik itu minggu depan,’’ katanya, meninggalkan ruang sidang.

Penulis : Konradus R, Mangu
Editor   : HR




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *