media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Tingkatkan Ekonomi Warga ,Kades Talang Tulungagung Memberdayakan Kambing Jenis Domba

KOPPINEWS. ID, Tulungagung_ Untuk membantu dan meningkatkan perekonomian terhadap masyarakat di saat pandemi Covid_19, Kades Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Jatim membuka Trobosan terbaru, peluang usaha bagi masyarakatnya dengan memelihara kambing jenis Domba agar pendapatan masyarakat terus meningkat, Kamis ( 25/02/21).

Kapala Desa Talang Asmungi menyampaikan, terkait pemeliharaan Kambing jenis domba saat ini ada dua kelompok masyarakat yang di prioritaskan, salah satunya pemberdayaan kelompok peternak mandiri dan Bumdes ( Badan Usaha Milik Desa) Desa Talang.

” Bumdes Cipta Karya Indonesia Desa Talang saat ini bermitra dengan ICW ( Indonesia Citra Wilis ) sebuah perusahaan yang mensuplay bibit Domba beserta pakan yang sudah di prementasi dengan nutrisi tinggi, agar domba tersebut cepat besar untuk di jual yang saat ini betul betul di rasakan manfaatnya oleh masyarakat luas” Jelas kades.

Ia juga mengatakan bahwa Bumdes di Desa Talang bersama ICW memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat agar Domba yang di beli bisa mendapat kan keuntungan.

” Bicara soal keuntungan prospeknya sangat baik sekali, bahkan ketika masyarakat mengambil 30 ekor domba dengan nilai Rp.30.000.000,_( Tiga Puluh Juta Rupiah) dan per/ekornya senilai Rp.1000.000 (Satu Juta Rupiah) dan di pelihara selama 2.5 bulan dengan pakan yang bernutrisi maka, peternak bisa maraup keuntungan bersih sudah di potong pakan sekitar Rp 7000.000 ( Tujuh Juta Rupiah).Salain itu memang antusiasme masyarakat terhadap permintaan Domba saat ini cukup tinggi, sehingga pihak Bumdes dan ICW agak sedikit kwalahan dalam melayani permintaanya ,” Jelas Kades.

Foto: Yasmin mempunyai domba 90 ekor

Sementara itu, Yasmin salah satu peternak domba mandiri asal Desa Talang mengaku sangat bersyukur sekali dengan adanya program dari ICW sehingga warga bisa tertolong di saat Pandemi seperti ini.

” Saat ini saya membeli domba dari ICW sekitar 90 ekor yang ke dua kalinya. Kalau di hitung satu ekornya senilai Rp 1 juta, dan selama 2.5 bulan sudah bisa di jual dengan harga Rp 1.450.000, per/ekor.di potong harga pakannya masih untung sekali,” ungkapnya .

Koordinator wilayah ICW Sutram , kepada CNTV mengaku pihaknya terus meningkatkan mutu serta pelayanan terhadap masyarakat dalam kemitraan terkait pembelihan Domba termasuk pakan dan harga.

Foto: Sutram Koordinator Wilayah ICW

Sutram juga mengungkapkan bahwa ICW ( Indonesia Citra Wilis ) merupakan perusahaan yang sudah berbadan hukum .

” Direktur ICW saat ini adalah Pak Kades Talang sendiri, dan program beliau sangat luar biasa sekali betul_ betul membantu ekonomi masyarakat saat ini,” sebutnya.

Sutram mengaskan ” ICW selalu terbuka untuk bermitra dari pihak manapun termasuk seluruh Bumdes yang ada di Jatim atau seluruh nusantara
.Sebab marketnya bukan hanya di Indonesia namun ketika produksinya sudah banyak langkah selanjutnya ke Timur Tengah dengan ekspor skala besar,”
pungkasnya.

Penulis : Hary




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *