media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Pekan Enterpreneur Stella Maris Gading Serpong

KOPPINEWS.ID,Jakarta_Sekolah yang menitik beratkan pada seluruh kegiatan dengan melakukan entrepreneurship di Stella Masris 20 _ 27 Februari 2021.

Mengingat situasi sedang dalam masa pandemi covid 19 maka seluruh rangkaian kegiatan, penilaian oleh guru dilakukan secara virtual yang melibatkan peserta didik mulai dari TK, SD, SMP dan SMA Stella Maris Gading Serpong.

Kegiatan diawali Sabtu 20 Februari 2021 dengan workshop mengusung
tema “Gadgetwise”, yang dibawakan pemateri Irene Phiter. Kegiatan ini merupakan kerja sama Brainfit Indonesia dengan Sekolah Stella Maris. Penggunaan gadget selama masa pandemi covid 19 merupakan suatu yang mutlak bahkan keharusan bagi peserta didik semua jenjang, namun sebagai orangtua sangat perlu memberikan pemahaman, juga komitmen agar pengaruh negatif penggunaan gadget dapat dihindari.

Head of Admission Stella Maris, Lydiawaty Widjaja ketika ditemui , Sabtu (27 Februari 2021) menjelaskan, beragam kegiatan yang dilakukan secara online oleh peserta didik dari rumahnya masing-masing. Jenis kompetisi itu; lomba tik tok, talent show, recycle paper bag making, e- sport, public speaking, green preneur, desain grafis programing.

Lydiawaty Widjaja menjelaskan, khusus untuk kegiatan e- sport di antaranya lomba mobil legent telah dilaksanakan pada Rabu dan Kamis dua hari sebelumnya, kemudian hari ini Sabtu ( 21 Februari) e- sport dilakukan kemudian dijaring sampai final. Ikut hadir pemerhati games, Ricky Setiawan, seorang praktisi games yang bekerja di lembaga Good Games World Play (GGWP). Lembaga ini memberikan perhatian layanan edukasi tentang games kepada peserta didik di sekolah-sekolah dan bagiamana menggunakan secara baik tanpa mengabaikan tugas pokok , belajar.

Baca juga  Meningkatkan Daya Saing Lada Melalui Aplikasi SpiceUp

Menurut Ricky Setiawan, ada sudut pandang pihak tertentu yang menyebutkan bahwa bermain games itu selalu negatif, namun menurutnya anggapan itu tidak benar. Dikatakan bermain games itu suatu yang positif karena lewat game online misalnya, anak bisa bersosialisasi, keterampilan berbicara dan sebagainya. Melalui game anak belajar mengenai adanya kerja sama, kehidupan sosial yang lebih beragam karena adanya interaksi anak itu dengan pihak lain.

“Anak bisa belajar banyak hal dari games itu, yang diharapkan anak usia di bawah 16 tahun menggunakan gadget dengan batas waktu dua jam, sesuai dengan anjuran WHO,’’ kata Ricky Setiawan.

Lydiawaty mengatakan Stella Maris tetap menguatamakan pendidikan akademik tapi juga kegiatan selama seminggu itu tetap mengembangkan nilai-nilai dengan pengembangan enterpreneurship.
Berkaitan penggunakan gadget untuk games, Lydia berpesan agar sebagai orangtua di rumah maupun sebagai pendidik perlu memberikan edukasi dan perlu adanya komitmen menggunakan waktu bergames waktu belajar. Karena waktu yang terlalu banyak untuk games juga berakibat pada kesehatan pengguna karena kurang istirahat.

Sebelumnya Head of School, Maria S. Santy mengatakan pekan enterpreneurship adalah agenda tetap yang biasa dilaksanakan Stella Maris setiap tahun dalam bulan Februari. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan itu untuk menumbuh kembangkan anak dalam menghadapi kemajuan dunia. Ia menyebut
kegiatan serupa untuk tahun lalu peserta didik membuat hasil karya tangannya kemudian dijual waktu dilaksanakan pameran. Orangtua yang hadir diajak untuk membeli karya – karya anak juga pengunnjung lainnya.

Baca juga  SMP Negeri 2 Kota Pangkalpinang Sebagai Sekolah Favorit

Hasil penjualan yang telah diperoleh selanjutnya dana itu disumbangkan kepada lembaga yang bergerak untuk penyembuhan penderita kanker. Di sinilah aspek sosial yang ditanamkan kepada anak sehingga memiliki rasa empati atau kepedulian terhadap pihak lain yang menderita.

Oleh karena covid 19 masih melanda semua kegiatan dilakukan secara virtual dari rumah masing-masing peserta didik. “Harapannya mereka bisa mengikuti setiap perlombaan yang telah ditentukan,’’ katanya.
Lydiawaty menegaskan setiap kegiatan yang dilaksanakan selalu ada aspek sosialnya. Lydia bercerita, lembaga ini penrah menghadirkan artis pencinta hewan, kita mengundangnya untuk hadir lalu menggalang dana untuk memberikan kepada lembaga yang memberikan perhatian terhadap hewan tertentu yang selama ini kurang mendapatkan makanan secukupnya.

Nah, itulah gambaran kegiatan pekan entrepreneur yang diselenggarakan sekolah Stella Maris sekiranya kegiatan ini boleh memberikan inspirasi kepada lembaga pendidikan lain untuk melakukan hal yang sama.

Penulis : Konradus R, Mangu




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *