media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Belum Ada Sosialisasi, Aktivitas Tambang Timah Milik CV.BMM Dipertanyakan warga

KOPPINEWS.ID, Bangka Tengah_Keberadaan aktivitas Penambangan Pasir Timah yang ada di Desa Kayu Besi, Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah mendapat sorot tajam dari warga setempat. Pasalnya keberadaan tambang milik CV.Bangka Mineral Minning (BMM) yang bermitra dengan PT.Timah tersebut belum ada Sosialisasi terhadap warga sekitarnya.

Hal itu sangat di rasakan oleh Joko warga sekitar yang merasakan dampak pertambangan tersebut.

” Saya sangat keberatan adanya aktvitas Tambang Timah ini, sebab posisinya tidak jauh dari lahan pribadi saya hanya sekitar 10 Meter saja. Aktivitas pertambangan ini menggunakan 2 alat berat Exavator. Saya kawatir efek pertambangan ini bisa longsor, bahkan ada tetangga saya yang dekat rumahnya dengan lobang penggalian Tambang tersebut, “ungkapnya Joko kepada KOPPINEWS.ID,Selasa (09/03/21).

Aktivitas Exavator CV.BMM di desa Kayu Besi Bateng

Kades Kayu Besi Yohanes mengaku justru tidak mengetahui tentang aktivitas Tambang Timah tersebut yang berada di wilayahnya.

Menurut Kades, terkait dampak lingkungan terhadap warga sekitar, dengan adanya kegiatan tambang Pasir Timah ini seharusnya pihak terkait adakan dialog terlebih dahulu agar masyarakat sekitar merasa di perhatikan oleh pihak pengelola Tambang.

Sementara itu, Direktur CV.BMM Anton alias Angit mengatakan terkait penambangan ini bahwa pihak CV. BMM ada izin dari PT.Timah dan pihak terkait, bahkan yang punya Lahan.

Lanjut dia, saya sudah nambang dimana mana sudah sampai ke Sungailiat bahkan sampai Bangka Belitung semua Orang pasti banyak mengenal saya.

” Jika ada yang mau usik tentang kerjaanku akan ku kerahkan sayap sayapku untuk mengatasinya,” jelasnya.

Sebelumnya, hasil pertemuan singkat warga yang terdampak dengan PT.Timah dan CV.BMM belum ada kesepakatan hitam di atas putih dan warga sekitar area tambang butuh di perhatikan dampak lingkungan akibat ekplorasi tambang pasir Timah tersebut. Dan perlu di tindak lanjuti oleh Instansi yang terkait demi rasa aman dan keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Penulis : Kristianus Dio

Editor :    HR




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *