media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Pada Dialog Pro 3 RRI, Pj Gubernur Ridwan Dorong Keterlibatan Milenial Dukung Eksistensi UMKM Babel

KOPPINEWS.ID,JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin tak henti-hentinya mendorong keterlibatan generasi muda Kep. Babel untuk terus maju dan berpartisipasi, guna membangun daerah dan bangsa.

Salah satunya dengan mendukung eksistensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini dikemukakannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Dialog di Pro 3 RRI bersama Direktur Utama LPP RRI, Jumat (23/9/2022) kemarin.

“Beberapa minggu yang lalu, kami kedatangan Stafsus Presiden Billy Mambrasar. Ini adalah salah satu upaya kami untuk mendorong kegiatan kewirausahaan dalam mendukung kegiatan UMKM salah satunya dengan petani milenial dan penggunaan platform digital,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya UMKM itu seperti urat nadi, dia meraih masyarakat sampai ke level bawah. Data terakhir tingkat kewirausahaan di Babel pada tahun 2021 itu berada di peringkat ke 2 secara nasional, itu termasuk baik. Ini memang sebagian besar putarannya pada produk produk pertanian, namun yang juga tidak kalah pentingnya adalah produk-produk kerajinan.

Diakuinya ada beberapa hambatan yang perlu disikapi antara lain keterbatasan bahan baku, kemudian sumber daya manusia (SDM) yang dikatakan sudah bagus namun masih perlu penguatan saja.

Menanggapi tantangan pemasaran yang dikemukan Pj Gubernur Ridwan, Direktur Utama LPP RRI I Hendrasmo mengatakan dengan keberadaan 2 stasiun di Kep. Babel maka nanti akan lebih banyak kegiatan-kegiatan lokal.Tentunya konteks yang dihadapi UMKM di sana lebih terangkat.

“Radio merupakan salah satu media komunikasi penyebaran informasi, karena sifatnya lokal maka sangat cocok jika konteknya sebagai instrumen komunikasi pembangunan. Sifatnya yang proximity (adanya kedekatan) sehingga lebih mudah mengumpulkan para stakeholder, masyarakat maupun UMKM untuk duduk bersama membahas dan mencari solusi. Sangat lokal isunya tapi bisa dalam,” paparnya.

Bukti keseriusan LPP RRI salah satunya telah mengeluarkan nota dinas ke seluruh stasiun untuk lebih mendorong siaran tentang UMKM.

“Kita serius sekali soal ini. Jadi kami gaspol terus ini,” pungkasnya.(Red\Diskominfo).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *