media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Program Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun Bentuk Kemandirian Jamaah

KOPPINEWS.ID,KOBA – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan Program Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun. Kegiatan yang digelar di Gedung Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kementerian Agama Bangka Tengah tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Bangka Tengah, H.M. Karyawan, Kamis (10/11/2022).

Membuka acara H.M. Karyawan selaku Kepala Kemenag Bangka Tengah mengatakan bahwa pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun merupakan satu ikhtiar untuk membentuk kemandirian jamaah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci secara independen.

“Yang dimaksud rangkaian ibadah haji secara mandiri adalah agar jamaah haji mempersiapkan diri dengan berbagai bekal, utamanya pengetahuan atau ilmu yang dimaksudkan agar menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji,” ucapnya.

Menurut Karyawan, ada beberapa tujuan digelarnya manasik haji sepanjang tahun. Pertama, meningkatkan kualitas pemahaman jamaah terhadap pelaksanaan ibadah haji. Kedua, meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji. Ketiga, yaitu meningkatkan dan mengembangkan materi bimbingan ibadah karena materi ini perlu terus di evaluasi.

Tujuan keempat, lanjutnya yakni meningkatkan kualitas strategi pelayanan bimbingan ibadah. Kelima, meningkatkan layanan ibadah haji yang dapat bersinergi dengan layanan lainnya. Keenam, meningkatkan performa dalam memberikan pelayanan ibadah haji. Dan terakhir untuk meningkatkan indeks pelayanan ibadah haji Kementerian Agama.

Karyawan kembali menjelaskan, bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan bimbingan manasik haji dan umrah sepanjang tahun di Kabupaten Bangka Tengah berjumlah 118 jamaah yang merupakan jamaah estimasi berangkat pada tahun 2023 nanti.

“Jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji tahun 2023 ada dari Kecamatan Koba berjumlah 31 orang, Kecamatan Lubuk Besar 1 orang, Kecamatan Simpang Katis 19 orang, Kecamatan Sungaiselan 14 orang, Kecamatan Namang 28 orang dan Kecamatan Pangkalan Baru 24 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah yang turut hadir mengatakan jamaah haji untuk tahun 2022 ini kembali akan diberangkatkan di tahun 2023 nanti  dengan keadaan normal.

“Namun, mengingat pandemi Covid-19 kemarin terjadi pengurangan kuota jamaah yang berangkat haji dan dan pembatasan usia maksimal 65 tahun pada tahun sebelumnya yang tidak bisa berangkat, tahun ini sudah bisa berangkat haji. Jadi tidak ada pengecualian lagi semuanya sudah kembali normal,” jelasnya.

Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini berharap kepada para jamaah haji agar mempersiapkan diri baik secara jasmani dan rohani.

“Secara jasmani, terus menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Secara rohani, Bapak/Ibu terus belajar agar memahami dan menguasai pengetahuan tentang haji dengan banyak membaca dan mengikuti manasik haji yang dilaksanakan oleh pemerintah. Semoga kuota jamaahnya bisa bertambah ya,” harap Algafry.

Acara ditutup dengan pemberian cinderamata dari H.M. Karyawan selaku Kakanwil Kemenag Bangka Tengah kepada Bapak Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan para Staf Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah.(Red\Diskominfo Bateng).

Editor:Feren




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *