media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Tingkatkan Mutu Pelayanan Jasa Konstruksi, DPUTRP Bangka Tengah Terapkan Uji Sertifikasi

KOPPINEWS.ID,KOBA – Kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Kontruksi (Tukang Pasang Bata, Tukang Rangka Atap Baja Ringan, dan Tukang Besi Beton) di Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2022 berlangsung di Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan yang digelar untuk menciptakan tenaga kerja konstruksi yang andal dan berkualitas ini dihadiri oleh kurang lebih 73 orang, termasuk instruktur.

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (DPUTRP) Kabupaten Bangka Tengah kali ini bekerja sama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah II Palembang, Asosiasi Tenaga Teknik Kontruksi Indonesia (Astekindo), Assessor dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi).

Dalam sambutannya, Kepala DPUTRP Bangka Tengah Rahmat Wibowo menyampaikan bahwa Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi dan Pelatihan Strategis Tukang ini mempunyai banyak keuntungan.

Baca juga  Babel Minta Pemerintah Pusat Percepat Distribusi Vaksin

“Bapak-bapak bisa mempunyai soft skill maupun hard skill yang baik, bisa lebih mudah dalam penerimaan tenaga kerja, juga bisa mengurangi adanya human error. Dengan adanya sertifikat juga bisa menjadi bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui secara nasional,” jelas Rahmat.

Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang memberikan dukungan kerja sama berupa pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) sejumlah 75 paket/orang serta sertifikat bagi setiap peserta.

Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan dukungan kerja sama berupa peminjaman Mobile Training Unit (MTU) untuk plumbing dan sipil.

Baca juga  Walkot Pangkalpinang Menghadiri HUT SMP Negeri 6 Pangkalpinang Ke-38 Tahun

Sukma Anggia Kemalafury, M.Sc., selaku Kepala Bidang Cipta Karya DPUTRP Bangka Tengah mengisi materi mengenai Kebijakan Pemerintah Tentang Keselamatan Konstruksi.

Sementara itu, Analis Infrastruktur Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Provinsi Babel, Edi Setiawan, S.P., M.Si. mengisi materi mengenai K3L, Pekerjaan Persiapan, Pengenalan Alat dan Bahan, Perhitungan Anggaran Biaya, dan Cara Membaca Gambar.

Dedi, S.P.W.K., selaku Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksanaan Teknis Badan Pengelola Air Minum mengisi materi mengenai Pasang Bata, Besi Beton, dan Pasang Rangka Atap Baja Ringan.(Red\Diskominfosta Bateng).

Editor: Feren




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *