media online ukuran baru
Ads Bangka Selatan
Ads Bangka Tengah
Ads Bangka Barat
previous arrow
next arrow
300 DAPIL 1 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 3 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 2 500X300 LOBANG SAJA
300 DAPIL 4 500X300_2 PCS LOBANG SAJA
previous arrow
next arrow

Gebrakan Terbaru Pemkot Pangkalpinang Dalam Pembinaan Dan Pengelola UMKM

KOPPINEWS.ID,Pangkalpinang- Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang kembali lakukan gebrakan dalam hal pembinaan dan pengelolaan UMKM.

Gebrakan itu dilakukan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinan dengan meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Online Industri Kota (SIMONIK).

Lewat aplikasi tersebut, pelaku UMKM akan didata serta terhubung dengan pasar daring untuk memasarkan produknya serta pelaku usaha yang terintergrasi.

Penjelasan tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Andika Pratama saat launching SIMONIK, Jumat (23/12/2022), di Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang.

Aplikasi SIMONIK disambut antusias oleh ratusan pelaku usaha yang hadir di rumah dinas.

Dikatakan Andika, inovasi melalui aplikasi digital ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM di Kota Pangkalpinang.

“Dalam sistem SIMONIK akan memuat semua data industri, kawasan industri, perkembangan UMKM, peluang pasar hingga pengembangan teknologi industri. Sekarang skala industri bukan hanya pabrik saja, namun siapapun yang pelaku usaha yang sudah mwnciptakan produk, itu sudah masuk kategori industri,” ujar Andika.

Ungkapnya, Aplikasi SIMONIK lahir karena pengembangan database industri yang terus berkembang setiap tahunnya. Oleh karena itu lewat aplikasi diharapkan dapat merangkum database pelaku UMKM yang selalu uptodate.

“Aplikasi ini nantinya bisa digunakan wisatawan juga yang mencari kebutuhan apa saja yang ada di Pangkalpinang, mulai dari kuliner, kerajian hingga oleh-oleh, semua ada di aplikasi SIMONIK,” terangnya.

Lewat aplikasi, kata Andika, pihaknya ingin membantu pembinaan UMKM serta mengelola industri di Kota Pangkalpinang agar lebih baik dan berkembang.

Sementara Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda menuturkan, Pemkot akan terus berinovasi menciptakan program untuk pengembangan UMKM di Kota Pangkalpinang, termasuk salah satunya terobosan lewat aplikasi SIMONIK

“Aplikasi ini diharapkan dapat membantu segmen UMKM di Kota Pangkalpinang bisa terus berkembang dan berjejaring baik itu antar pembeli dan pelaku usaha,” ucap Monica.

Selain peluncuran aplikasi SIMONIK, kegiatan tersebut juga sekaligus persiapan pelaksanaan event Food Milenial Festival (FMF) dengan melaksanakan technical meeting pencabutan nomor tenda.

Acara dilanjutkan dengan diskusi santai antara Monica Haprinda selaku Mother Of UMKM Kota Pangkalpinang dengan para peserta FMF ke 5 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Desember di seputaran Alun-Alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang.(Red\Diskominfo pgk).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *